Bukan Malas, ini 5 Alasan Kesehatan Kenapa Ibu Hamil Lebih Sering Mager

Jangan dikira malas, bumil memang mengalami perubahan hormon tertentu sehingga lebih mager!

20 Mei 2022

Setiap ibu hamil pasti mengalami perubahan yang tidak hanya secara fisik saja, tapi juga emosi. Apalagi sebagian ibu hamil mengalami gejala mual dan masalah kesehatan yang umumnya disebabkan karena perubahan hormon. Sehingga, kondisi hamil bagi sebagian orang juga mengubah kebiasaan dan kelincahan saat berkegiatan.

Hal yang paling umum dirasakan oleh ibu hamil biasanya rasa mager alias males gerak. Apakah Moms juga mengalami hal ini? Jangan khawatir ya Moms, beberapa kondisi saat hamil memang membuat Moms kesulitan beraktivitas, tapi bukan berarti malas kok. Pahami alasannya, yuk!

 

1. Perubahan hormon membuat Moms mudah merasa ngantuk

Perubahan hormon | Credit by Belchonock on Depositphoto

Saat hamil, hormon progesteron dalam tubuh Moms akan meningkan. Hal ini menyebabkan Moms mudah merasa ngantuk . Selain itu tubuh Moms juga menyesuaikan dengan keberadaan janin dalam kandungan, sehingga disertai penurunan tekanan darah dan kadar gula darah pun ikut menurun.

Apalagi di tambah janin yang semakin tumbuh besar, membuat Moms kesulitan tidur di malam hari dan menambah rasa kantuk dan lemas saat siang hari.

 

2. Perubahan mood atau suasana hati dan emosi

Perubahan mood | Credit by mast3r on Depositphoto

Selain mudah merasa ngantuk, perubahan hormon juga menyebabkan perubahan susana hati alias mood. Apalagi jika mengingat perubahan fisik dan masalah kesehatan yang membuat Moms merasa mudah lelah dan badmood. Bahkan sering sekali Moms merasa risau dan lebih sensitif secara emosi, sehingga kadang membuat Moms kurang bersemangat.

 

3. Kondisi mual, muntah sering sakit kepala

Mual | Credit by Kyzhov on Depositphoto

Biasanya ini disebut morning sickness, meski faktanya mual dan muntah bisa terjadi kapan saja bahkan sepanjang hari. Kondisi ini membuat Moms kehilangan banyak energi dan mengalami sakit kepala, sehingga Moms merasa butuh istirahat karena kurang bertenaga untuk beraktivitas.

 

4. Mengalami anemia sehingga mudah lemas saat beraktivitas

Anemia | Credit by Ryanking999 on Depositphoto

Masalah kesehatan saat Moms mengalami anemia karena kekurangan zat besi biasanya terjadi di awal trisemester pertama dan menjelang kelahiran. Hal ini membuat Moms mudah lemas saat beraktivitas. Masala anemia paling umum dialami, jadi bukan karena malas, kok.

 

5. Penambahan berat badan, kaki bengkak dan sakit pinggang

Pertambahan berat badan | Credit by Diego_cervo on Depositphoto

Seiring bertambahnya usia kehamilan, biasanya berat badan juga semakin bertambah. Hal ini tentu membuat Moms kesulitan beraktivitas apalagi untuk kegiatan tertentu seperti membungkuk. Belum lagi peredaran darah yang kurang lancar juga sering membuat kaki bengkak sehingga tidak nyaman untuk sekadar berjalan, jadi seirng mager deh~

Nah, itulah sederet alasan yang berkaitan dengan masalah kesehatan yang membuat Moms mager saat hamil. Hal ini membuat mager bagi ibu hamil bisa dibilang wajar ya Moms. Setiap Moms memang mengalami hal yang berbeda-beda saat hamil, ada yang harus bedrest, tapi ada juga yang tetap fit dan tidak terganggu dengan masalah kehamilan.

Kendati wajar, tapi jangan membuat Moms jadi benar-benar tidak mau gerak ya, karena ini juga bisa berampak kurang baik bagi kesehatan Moms karena otot jadi kaku. Sehingga, Moms tetap harus banyak gerak untuk aktivitas tertentu, supaya otot bisa lebih rileks dan membantu kelancaran persalinan.